Cara Asyik Bermain Dampu Bulan

Cara Asyik Bermain Dampu Bulan

Gambar petak dampu di tanah. 

Kapur merupakan media terbaik untuk menggambar pada aspal, bebatuan teras atau beton. Petak-petaknya harus cukup lebar untuk memuat sebelah kaki dan untuk memastikan bahwa batu yang dilempar ke dalam bidang perseginya tidak akan memantul keluar dengan mudah. Meski terdapat beberapa variasi dalam menggambar petak permainan, yang ditunjukkan di sini adalah rancang gambar yang biasa dipergunakan di lapangan bermain sekolah.

Lemparkan sebuah batu kecil atau benda lain yang serupa (kantong kecil berisi butir pemberat, kerang, kancing, mainan plastik) hingga mendarat pada petak satu. 

Batu kecil tersebut harus mendarat di dalam area persegi tanpa menyentuh garis batasnya atau terpental keluar. Jika tidak berhasil melemparkannya dalam garis batasan, maka Anda kehilangan giliran dan meneruskan batu tersebut pada orang berikutnya. Namun, jika Kamu berhasil, maka lanjutkan ke langkah berikutnya.

Melompatlah melewati petak-petak yang ada dengan mengabaikan petak tempat penanda Anda berada. 

Setiap petak segi empat dilompati satu kaki. Dengan kaki sebelah mana Kamu ingin memulai, itu terserah pilihanmu. Kamu tak bisa menjejakkan lebih dari satu kaki di tanah pada satu kali kesempatan, "kecuali" ada dua petak persegi bertuliskan angka yang terletak bersebelahan. Jika demikian, Kamu dapat menjejakkan dua kaki sekaligus (masing-masing kaki pada satu bidang persegi). Selalu jejakkan kakimu pada petak persegi yang tepat; jika Kamu menginjak garis, atau melompat pada petak yang salah, atau melangkah keluar petak, Kamu akan kehilangan giliran.

Pungut penanda saat Anda kembali. 

Ketika Kamu sampai pada nomor terakhir, berbaliklah (tetap dengan satu kaki) dan melompatlah balik dengan urutan terbalik. Saat kamu berada di petak yang terletak tepat sebelum tempat penandamu berada, membungkuklah (kemungkinan masih dengan bertumpu pada satu kaki!) dan pungutlah penanda itu. Kemudian, lewatkan petak itu dan selesaikan giliranmu.

Oper penanda tersebut pada orang berikutnya. 

Jika Kamu berhasil menyelesaikan giliranmu dengan penanda pada petak satu (dan tanpa kehilangan giliran), maka lemparkan penandamu ke petak dua pada giliran berikutnya. Tujuan Kamu adalah menyelesaikan seluruh jalur permainan dengan penanda pada tiap-tiap petak. Orang pertama yang berhasil melakukan ini memenangkan permainan!

Sumber: wikihow

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow by Email
Facebook20
YouTube20
Instagram20