Motivasi dan Doa Bersama Virtual Menjelang Ujian Sekolah

Motivasi dan Doa Bersama Virtual Menjelang Ujian Sekolah

          Menjelang Ujian Sekolah 2021, SD Muhammadiyah 09 Plus melaksanakan kegiatan “Motivasi dan Doa Bersama” untuk siswa kelas 6 SD Muhammadiyah 09 Plus Tahun Pelajaran 2020/2021 pada hari Sabtu, 24 April 2021. Kegiatan yang dikemas secara virtual ini, bertujuan untuk memberikan motivasi, dukungan dan doa kepada siswa kelas 6 agar diberi kemudahan dalam mengikuti kegiatan Ujian Sekolah yang merupakan bagian dari program kelulusan.

        Rangkaian acara yang disajikan sarat dengan nilai religius dan muhasabah. Wali kelas 6, Desmirta mengarahkan agar siswa lebih sadar akan tugas dan kewajibannya, lebih mandiri dalam segala hal, lebih meningkatkan kualitas ibadah wajib dan sunnah, berkorban, berlatih dengan sungguh-sungguh, dan tidak lupa untuk selalu berdo’a, serta memohon restu orang tua agar dapat mencapai hal positif pada masa yang akan datang.

          Dalam tausiyahnya, Ayatulloh menguatkan bahwa menjadi pelajar harus memahami adab-adabnya. Beliau mengutip isi kitab ta’liimul muta’allim, bahwa ilmu tidak akan menjadi bermanfaat atau bahkan tidak diperoleh oleh pelajar kecuali telah memenuhi 6 syarat, di antaranya; cerdas, haus akan ilmu, bersungguh-sungguh, adanya biaya, hormat kepada guru, dan panjangnya masa. Ke enam syarat tersebut dipaparkan begitu jelas.

          Yang ditekankan dari enam syarat tersebut adalah bahwa setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi orang cerdas, beliau menggambarkan tentang sosok ulama Ibnu Hajar Al-Asqalani yang telah menemukan pelajaran dari sebuah batu dapat berlubang hanya karena seringnya ditetesi air, artinya kecerdasan dapat dibentuk oleh usaha yang sungguh-sungguh dan konsiten. Dan juga,  yang paling penting untuk diingat oleh siswa bahwa dalam menuntut ilmu harus terlepas dari maksiat dhohir maupun maksiat batin, sebagaimana kisah Imam Syafi’ie yang susah dalam menghafal hanya karena maksiat.

          Tidak hanya guru, pada kesempatan ini PCM, Majelis Dikdasmen, Kepala Sekolah, orang tua dan siswa diberikan kesempatan memberikan prakata. Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Duren Sawit II dan Ketua Majelis Dikdasmen PCM Duren Sawit II menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terlaksananya acara ini dan memberi doa restu kepada seluruh siswa. Siti Fathonah, mewakili orang tua menyampaikan dukungan dan doa yang setulus-tulusnya untuk kelancaran dan kesuksesan siswa kelas 6 SD Muhammadiyah 09 Plus. Adi Rangga Takassa Masiga, mewakili siswa yang lainnya menyampaikan permohonan maaf dan doa restu kepada guru dan orang tua agar dapat melaksanakan Ujian Sekolah dengan baik, serta ucapan terima kasih atas segala jerih payah guru, orang tua, dan dukungan teman-teman sekelasnya.

            Sebelum kegiatan diakhiri, disajikan momen mengharukan yaitu seluruh siswa dipandu untuk sungkeman, meminta maaf dan memohon restu kepada orang tua, dilanjutkan dengan doa khusyu’ oleh guru Ismuba.

“Jika kalian menganggap US sebagai peperangan, maka akan banyak persiapan yang dilakukan, termasuk cara curang, namun jika kalian menganggap US sebagai sebuah kesempatan baik, maka kalian akan mempersiapkannya dengan baik”, lanjut Lilis Ikaningsih menutup acara.

      

Ditulis oleh,

Zainullah, S.Pd.I

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow by Email
Facebook20
YouTube20
Instagram20