EDUKASI KESEHATAN

EDUKASI KESEHATAN

Materi : Protokol Kesehatan di Satuan Pendidikan dalam Rangka Pencegahan Covid 19

Assalamu’alaikum warohmatulahi wabarakatuh

          Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS ) di SD Muhammadiyah 09 Plus, dimulai dari hari Senin, 12 Juli 2021 pada awal pertama tahun pelajaran 2021/2022.   Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini sangat dirasakan sama dengan tahun pelajaran lalu,  Semua satuan pendidikan melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh atau online. Pada akhirnya siswa baru tidak merasakan bahkan tidak melihat fisik Gedung dan para gurunya. Keadaan serupa  juga dirasakan pula siswa kelas 1  tahun yang lalu.

          Mengingat demikian maka program MPLS di SD Muhammadiyah mengupayakan agar lebih semarak lagi, selain pengenalan sarana gedung, pengenalan para guru secara virtual, siswa diajak pula mengenal beberapa kegiatan ekstrakrlikuler yang ada di sekolah seperti Hizbul Wathon ( HW), Tapak Suci, PMR, UKS, Tahfizh,senam, literasi dll yang juga  disajikan secara virtual.

          Untuk itu kali ini tahun pelajaran 2021/2022 Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah berorientasi pada siswa kelas 1 bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Duren Sawit dengan menyajikan kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah ( UKS) akan melaksanakan Edukasi Kesehatan yang sedang menarik perhatian kita semua yaitu tentang “ Protokol Kesehatan di Satuan Pendidikan dalam rangka Pencegahan Covid 19”. Karena mengingat pentingnya acara edukasi kesehatan ini  tidak saja kelas 1 yang menjadi sasaran pesertanya, namun tetapi siswa kelas 1 sampai kelas 6, kepala sekolah, guru, karyawan, juga orang tua siswa.  Acara sosialisasi edukasi Kesehatan ini dilaksanakan secara virtual. Acara ini dibuka oleh Kepala Sekolah SD Muhammadiyah  09 Plus Ibu Syamsiah, M.Pd

          Kamis, 16 Juli 2021, dimulai Pk.09.00 dan diakhiri Pk. 10.50 WIB  adalah waktu pelaksanaan Edukasi Kesehatan dengan materi yang diberikan oleh Ners Herawati Pasaribu,S.Kep sebagai penanggung jawab Kesehatan remaja dan anak di kecamatan Duren Sawit. Wah .. ini sangat bermanfaat dan sangat penting tentunya di masa pandemi seperti ini. Menurut Ners Herawati yang dipanggil akrabnya Bu Hera, diwilayah kecamatan Duren Sawit menurut data tanggal 11 Juli 2021 di wilayah Duren Sawit yang isolasi mandiri  1651, di Wisma Atlet 42, Rumah Sakit lainnya 42, banyak pula data-data lainnya,  dari bagaimana cara penyebaran, pencegahan, serta cara mengobatinya diberikan penjelasan oleh bu Hera,  Untuk itu, untuk memutus rantai virus covid 19 ini Bu Hera mengajak untuk prokes yang sudah menjadi 7 M yaiitu : mencuci tangan, memakai masker double, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, memberikan vaksin, menjalan ibadah.

          Setelah hampir 2 jam materi yang menarik ini disajikan, Bu Hera dihujani pertanyaan baik dari siswa- siswa, para guru, dan juga orang tua siswa. Asyiknya mendengarkan penjelasan Kesehatan yang sedang marak ini, sehingga kita harus juga mematuhi PPKM ( Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat).

          Karena terbatasnya waktu,   Ibu Herawati yang sangat sibuk dengan pekerjaannya,  maka diakhiri  apresiasi untuk bu Hera dari siswa, guru, dan orang tua. Terakhir Bu Hera berharap bila sudah tatap muka Siswa SD Muhammadiyah supaya banyak yang menjadi Dokter Kecil, dengan harapan telah dewasa menjadi Dokter yang handal.

Demikian kegiatan Edukasi Kesehatan di SD Muhammadiyah 09 Plus. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih,

Wassalamu’alaikum warohmatulahi wabarakatuh

 

                                                                                                                                                            Koordinator UKS SD Muhammadiyah 09 Plus

                                                                                                                                                                                                Lies Widarningsih, S.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow by Email
Facebook20
YouTube20
Instagram20