LATIHAN GABUNGAN PMR MULA SD MUHAMMADIYAH 09 PLUS

LATIHAN GABUNGAN PMR MULA SD MUHAMMADIYAH 09 PLUS

Kak Coy, panggilan akrab sehari-hari dari Kak Ahmad Buchori. Beliau baru saja menjadi narasumber Latihan Gabungan Palang Merah Remaja (PMR) Mula dari kelas 4,5, dan 6 SD Muhammadiyah 09 Plus pada hari Sabtu, 28 Agustus 2021 secara virtual. Ahmad Buchori adalah Korps Sukarelawan PMI Jakarta Timur yang terbilang masih muda dan mempunyai inovasi strategi untuk pelatihan bagi PMR. Sikapnya yang ramah, humble dan menyenangkan kepada para anggota PMR Mula SD Muhammadiyah 09 Plus menjadikan suasana hidup dan bersemangat.  Penyampaian materi yang asik membuat peserta didik anggota PMR Mula menjadi sangat antusias, terlebih lagi pada awal pelatihan disajikan permainan/game “What do you feel now?”

Pelatihan dibuka oleh pemandu acara sekaligus sebagai koordinator Pembina PMR Mula SD Muhammadiyah 09 Plus, Mis Lies Widarningsih, S.Pd.  Diawali  dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan Mars PMI, kegiatan ini berjalan khidmat. Selanjutnya pelatihan ini diberikan arahan oleh Kepala SD Muhammadiyah 09 Plus, Mis Syamsiah, M.Pd sekaligus membuka acara. Pada kesempatan ini Mis Syamsiah memberikan moto untuk PMR SD Muhammadiyah 09 Plus yaitu: Siap, Sigap, Tanggap, Sehat.

          Materi pelatihan sesi pertama adalah kepalangmerahan. Materi ini berisi sejarah Palang Merah Internasional, tujuh strategik PMI: Kemanusiaan, kebersamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, dan kesemestaan. Saat selesai Mis Ratih memberikan ice breaking agar anggota PMR tidak jenuh dan rileks kembali.

Materi pelatihan sesi kedua adalah Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) atau kedaruratan. Materi ini disampaikan sangat menarik, diharapkan setelah mempelajari ini, anggota PMR dapat sigap untuk menolong sesama.

          Kak Ahmad Buchori juga memberikan kuis pada setiap akhir sesi, pelatihan yang dikemas menarik ini membuat para anggota pelatihan aktif. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan anggota pelatihan dan peserta yang menjawab pertanyaan dari kak Ahmad Buchori secara langsung. Pemenang kuis pada sesi pertama yaitu Raki kelas 5, Nadyla kelas 5, dan Nayaka kelas 6. pemenang kuis pada sesi kedua yaitu Naura kelas 5, Razkha kelas 6, dan Maharani kelas 5.

          Seru, semangat, ceria adalah kesan pertama pada pelatihan ini. Pada sesi terakhir pertanyaan yang mengejutkan dari Ananda Razzaq: “Kak apakah PMI masih bekerja pada hari kiamat’?  Ohh … sontak saja kami yang mendengar berbaur tawa, dan tak terpikir oleh kami pertanyaannya. Hahaha …

 

                                                                                                                                                                                                Lies Widarningsih, S.Pd

 

                                                                                                                                                                                                               Pembina PMR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow by Email
Facebook20
YouTube20
Instagram20