MPLS VIRTUAL 2021

MPLS VIRTUAL 2021

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) VIRTUAL 2021

Di tengah masa pandemi covid-19, sekaligus diberlakukannya PPKM Darurat oleh Pemerintah Republik Indonesia yang pada akhirnya membawa dampak pada belum diberlakukannya sekolah tatap muka. Walaupun sekolah masih dilakukan secara daring, hal tersebut tidak menjadi suatu hambatan terhadap kegiatan belajar mengajar dengan dimulainya tahun ajaran baru 2021/2022. Dengan tujuan memberikan pemahaman terhadap peserta didik baru, SD Muhammadiyah 09 Plus menggelar program MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) secara virtual dengan mengusung tema “Mandiri & Disiplin Belajar dari Rumah untuk Mewujudkan Generasi yang Kreatif.” 

            Program MPLS ini berjalan pada tanggal 12 Juli – 14 Juli 2021 dan diikuti oleh peserta didik baru yang berjumlah 15 orang. Program ini bertujuan diantaranya yaitu mengembangkan interaksi yang positif antar peserta didik dan guru serta karyawan SD Muhammadiyah 09 Plus, Selain itu juga membantu peserta didik baru agar dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Di hari pertama, kegiatan MPLS diawali dengan tayangan video persembahan ucapan selamat datang dari Ibu Hijriani Syam, S.Pd selaku Wali Kelas I dan Ibu Alysa Risca Fatima, S,Pd selaku Guru Kelas I, bersapa ria diawali dengan ice breaking, sambutan dari Ibu Syamsiah, M.Pd selaku  Kepala SD Muhammadiyah 09 Plus, kegiatan bernyanyi sambil bergembira, dilanjutkan dengan perkenalan guru serta staff karyawan SD Muhammadiyah 09 Plus dan perkenalan peserta didik baru secara virtual dengan Zoom Meeting. 

Dihari kedua, kegiatan MPLS masih berlanjut dengan riang dan gembira. Diawali dengan sapaan pagi dalam bahasa asing (Bahasa Arab), bernyanyi bersama, berkeliling lingkungan sekolah secara virtual (School Tour). Kegiatan School Tour ini bertujuan mengajak peserta didik berpetualang secara online untuk mengenal fasilitas sarana dan prasarana serta berbagai kegiatan sekolah lewat sebuah tayangan video, mengenal Visi dan Misi SD Muhammadiyah 09 Plus serta membentuk Struktur Organisasi Kelas I. 

Dihari ketiga, Kegiatan MPLS dilanjutkan dengan sapaan pagi dengan bahasa asing (Bahasa Inggris), bernyanyi sambil bergembira, mengenal Tata Tertib Pembelajaran Daring dan Janji Pelajar Muhammadiyah, Ice Breaking, sampai pada aktivitas mengasah keterampilan dengan membuat suatu karya jiplakan tangan dan dijadikan bentuk ikan. Kegiatan MPLS dihari terakhir ini dipenuhi dengan interaksi aktif antara wali kelas, guru kelas, dan peserta didik baru SD Muhammadiyah 09  Plus.

Dengan berakhirnya kegiatan MPLS pada hari ketiga, maka berakhir juga program MPLS SD Muhammadiyah 09 Plus, Walaupun kegiatan ini dilaksanakan secara virtual, peserta didik baru SD Muhammadiyah 09 Plus tetap antusias mengikutinya dengan aktif dan ceria. Program MPLS ini dianggap efektif untuk dapat mengawali kegiatan belajar mengajar pada peserta didik baru SD Muhammadiyah 09 Plus. 

Penulis

 

Alysa Risca Fatima, S.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow by Email
Facebook20
YouTube20
Instagram20